Rabu, 03 November 2010

Sejarah Perkembangan Sepakbola

Pada abad ke 3 SM , di China Kuno permainan menyepak bola mulai menelurkan cerita cikal bakal . Sepak bola disini lahir dengan nama Tsu Chu . Tsu berarti menendang dengan kaki , sedangkan Chu berarti bola dari kulit . Permainan ini awalnya dimainkan oleh prajurit kerajaan untuk melatih fisik dan kebugaran . Peraturannya sederhana , bola tidak boleh disentuh oleh tangan dan tim yang menang adalah yang paling banyak memasukkan bola kedalam lubang jaring . Permainan inipun berkembang menjadi permainan rakyat . Pada tahun 600 M , Tsu Chu mulai dikenal di wilayah kekaisaran Jepang dengan nama Kemari .

Jika di Asia permainan bola tidak bernilai kompetetif dan tidak berbahaya , maka berbeda dengan yang terjadi di Mesoamerika dan Eropa . Bangsa Mesoamerika seperti suku Aztec dan suku Indian memainkan bola dengan cara brutal dan keras . Pada suku Indian , permainan bola disebut Pacukaukowohog yang dimainkan sampai 500 orang dalam satu tim . Akibatnya , permainan ini seperti perang . Sementara itu , suku Aztec menamakan dengan nama Tlatchi . Permainan ini sangat keramat karena dihubungkan dengan ritual kepercayaan anggota suku , Tim yang kalah menjadi korban persembahan para dewa .

Ketika bangsa Romawi menaklukan Yunani , mereka menemukan permainan bola yang disebut Harpastrum . Permainan versi Yunani yang disebut Tpiskyro ini mirip Rugby , karena memperbolehkan menggunakan tangan dan kaki . Seiring dengan ekspansi bangsa Romawi ke penjuru Eropa , harpastum mulai menyebar .

Pada abad 8 , rakyat Inggris mengenalnya . Di Inggris , permainan ini sangat brutal . Tidak ada aturan permainan , tidak ada pembatasan pemain maupun ukuran lapangan dan bola yang digunakan adalah tengkorak manusia . Raja Edward II menjuluki permainan ini sebagai "Permainan Setan yang dibenci Tuhan". Sejak saat itu sepakbola dilarang di seluruh wilayah Kerajaan Inggris . Meski dilarang , rakyat Inggris tak jera dengan permainan ini . Gerakan kampanye sepakbola anti brutal ramai digencarkan pada abad ke 16-17 .

Tokoh yang dikenal sebagai pembela permainan ini adalah Josep Sturtt . Dua abad sebelumnya , Giovani Bardi dari Italy berusaha membuat peraturan tentang permainan ini yang di negerinya disebut Calcio . Setahun berikutnya , Richard Mulcaster dari Inggris melakukan hal yang sama . Ketiga tokoh tersebut berusaha menghimbau pengurangan kekerasan dalam permainan dan mementingkan aspek kebugaran .

Pada 26 Oktober 1863 lahir permainan menyepak bola modern . Momentum ini ditandai dengan berdirinya Football Association (FA) di Inggris . Dari organisasi ini lahirlah istilah Soccer dari kata Association dan istilah Football dari kata Futeball .

Sejak berdirinya FA , sepakbola makin teratur . Telah ada peraturan luas lapangan , jumlah pemain , penggunaan bola , sistem wasit , penjaga gawang .

Sepakbola memang lahir di China , akan tetapi di daratan Inggrislah sepakbola modern lahir .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar